Bertualang ke Fussen – Bab Neuschwanstein Castle

Sejak 3 tahun yang lalu, saya begitu terobsesi untuk memotret Castle, sampai bela-belain goes sepanjang Sungai Rhein pake seli khusus untuk memotret Castle yang banyak bertebaran di sepanjang Sungai Rhein. Tapi tidak ada Castle yang lebih indah kecuali Castle Neuschwanstein. (Silakan tengok perjalanan sepanjang sungai Rhein disini: http://indotripfoto.com/2012/01/03/mengejar-kastil-sepanjang-sungai-rhein-july-2010 ). Alhamdulillah ada kesempatan ke Jerman lagi, makanya saya pergi ke Fussen, kota kecil dimana castle Neuschwanstein berada.

Perjalanan murah pake kereta cukup melelahkan, bisa 8 jaman lebih, awalnya kepingin pulang pergi saja, tetapi kereta murah seharga 22 Euro untuk kembali dari Fussen terakhir jam 15:00, musim panas begini sama aja itu tengah hari bolong, padahal saya kepingin motret senja, dimana cahaya sore biasanya lebih indah dibanding cahaya siang. Akhirnya diputuskan untuk menginap saja, hostel murah seharga 18 Euro sudah fully booked sejak seminggu yang lalu, masih untung dapet kamar seharga 73 Euro dari http://www.booking.com, Hotel rumahan kecil khas di pedesaan Eropa 🙂

Perjalanan saya dan 2 orang teman saya, seorang warga betawi dan seorang lagi orang Philipines dimulai sejak hari Jum’at jam 5 sore, Dimulai dengan perjalanan dari Frankfurt Hbf menuju Kahl (main) kota terdekat dari Frankfurt yang berada di provinsi Bavaria. Harga tiket sekitar 7 Euro per kepala. Perjalanan hanya 45 menit, kemudian ganti kereta beberapa kali sampai akhirnya sampai di Munchen Hbf sekitar jam 1 malam, dari sini kita harus luntang lantung 3 jam sampai kereta berikutnya yang membawa kita menuju Fussen. Dari Munchen ke Fussen masih 2 jam lagi. Stasiun Munchen sendiri tidak lebih bagus dari Frankfurt, saya lebih suka Frankfurt Hbf malahan, tetapi disini ada ruang tunggu yang isinya banyak banget para backpacker yang tidur bergelimpangan, bercampur dengan homeless dan orang2 tua yang kemalaman di jalan. Kita sempet jalan keluar stasiun untuk pemotretan malam, maklum saja teman saya yang dari Manila bawa Canon 50D dan lensa 17-40mm, teman saya yang dari betawi bawa 1D mark IV, cuman saya yang motret pake kamera poket atau dari HP hehe.

Jalan sebentar keluar, saya tidak kuat karena ngantuk, hanya Howi saja yang jalan2 sendirian, saya dan teman saya dari Jakarta tidur di emperan bareng dengan para backpacker lain dan beberapa orang mabok.

Jam 4 lebih kita sudah mulai siap2 dan naik kereta lagi, masih sekali ganti kereta lagi baru kita sampai di Fussen. Di kereta terakhir menuju Fussen, semakin lama pemandangan sudah mulai berubah menjadi padang2 rumput dan bukit2 seperti bukit teletubbies. Cuaca cerah dengan temperatur yang super sejuk, dikejauhan sudah mulai terlihat pegunungan Alpen, saya sudah mulai bisa tidur karena kita tidak perlu ganti kereta lagi, ternyata teman saya ikut tidur juga, capek mungkin. Setelah agak lama saya terbangun karena udara yang dingin, begitu saya buka mata, pemandangan sudah berubah sama sekali, langit yang biru dan hamparan bukit yang hijau dibelakang bukit menyembul pegunungan Alpen dan sisa2 salju di beberapa lerengnya, bergegas saya bangunkan teman2 dan mereka bagai kesetanan memotret pemandangan yang sangat indah tersebut. Kira2 seperti ini pemandangannya:

Blue and Green

Sampai di stasiun Fussen jam 6an lebih, sudah terang sih tapi sepi banget, yang jalan-jalan ya turis kepagian seperti saya hehe. Beberapa orang lokal terlihat lari pagi dan main sepeda, kita bergegas menuju castle neuschwanstein yang jaraknya ternyata 5.2 KM saja. Suasana pagi itu indah sekali, langit cerah, matahari bersinar hangat tapi angin berhembus sejuk. Lewat ke peternakan sapi dan pinggir hutan. Walaupun pinggir hutan tapi ada jalur pejalan kaki dan sepedanya, kira2 5 meter di sebelahnya baru jalan aspal mulus untuk mobil. Beberapa orang melintas sedang lari pagi. Beberapa mobil van atau RV tampak parkir di pinggir jalan, kelihatannya pemiliknya sedang camping di danau2 disekitar sini, di kota fussen ini ada 3 atau 4 danau kayaknya. Dan sepanjang jalan banyak hotel2 pension, hotel murah yang dikelola oleh para pensiunan alias orang2 tua.

Kota Fussen pagi hari

Melintasi peternakan sapi

2 teman saya karena kurang persiapan dan kurang motivasi untuk mendapatkan foto terbaik mulai ketinggalan di belakang, akhirnya saya menunggu mereka di tempat pembelian ticket masuk, wisatawan mancanegara mulai berdatangan dan cukup ramai. disini kita istirahat dan sarapan dulu sebentar. Dari sini perjalanan mendaki dimulai dan kira2 1-2 KM saja menuju Neuschwanstein!

Kali ini teman saya sudah putus asa untuk mendaki, lagipula mereka akan pulang hari ini dan harus mengejar kereta jam 12 siang, beda dengan saya yang akan menginap di kota ini :). Jadi saya bergegas duluan pergi ke atas. Bagi yang berminat untuk masuk ke Castle, harus beli karcis di bawah, saya tidak berminat masuk, lagipula di dalam tidak boleh memotret dan merekam apa-apa. Yang tidak berminat masuk ke dalam castle tidak perlu keli karcis, motret dari luar gratis hehe. Bagi yang tidak kuat jalan nanjak ke atas bisa naik kereta kuda, jadi tidak usah kuatir bagi yang ingin mengajak orang tua kesini.

Memotret exterior kastil Neuschwanstein paling bagus dari Marie Bruck atau Marie Bridge, jadi dari gerbang kastil, jalan lagi menanjak kira2 600-800m, di tengah2 jembatan ibu Marie ini kita bisa melihat sisi kiri kastil, kiri atau belakang ya?? dan orang banyak bener disini….rame banget, jembatan ini sendiri tingginya kira2 200-300m ke lembah di bawah. Kedua teman saya belum sampai, terpaksa saya motret sendirian. Semua orang memotret dari angle ini, foto kita tidak istimewa lagi, saya agak kecewa, di ujung jembatan ada tulisan Tegelberg hiking 3 jam, harusnya di sisi gunung ke arah Tegelberg ini saya bisa memotret castle dari angle yg berbeda, saya sempet tanya ibu2 yang ingin hiking ke sana, saya tanya turunnya dimana? dia cuman menjelaskan menggunakan bahasa inggris yang terbata bata bahwa trek ke Tegelberg ini turun di bukit sebelah sana, sambil dia menunjuk bukit yang jauh, dia tidak menyarankan saya naik karena dia melihat saya cuman pake sendal crocs palsu, menurut beliau jalannya sangat steep, well ya sudah saya urungkan niat naik ke atas, saya niatkan untuk pergi lagi kesini besok subuh, mudah2an ada kabut. Walaupun pun ibu2 yang saya tanya tadi sudah cukup tua, sekitar 50an, tapi pakaian dia lengkap, hiking boot, hiking pole. Nenek nenek pendaki hehe.

Silakan dinikmati pemandangan Castle yang standar ini:

Perjalanan dari Castle menuju ke Marie Bruck

Up Close

Angle Standard dari Marie Bridge

Biar nggak dianggap Hoax, nampang dikit ye hehe

It’s Huge

Sekitar jam 12 siang saya mulai turun, teman saya yang ketinggalan tidak terlihat, lagipula mungkin mereka sudah balik ke stasiun, yasudah saya jalan sendiri cari hotel, jalan turun lagi 5 km an…. Makin ke bawah pengunjung makin berlimpah, seperti oarng yang dateng ke kebun binatang Bandung pas hari minggu, yang ngantri beli tiket panjang bener, sedikit advise, kalau mau santai cari penginapan di Fussen, di bawah Castle ini juga banyak, mungkin agak sedikit mahal tapi worth banget.

Saya terseok seok juga jalan cari hotel, hotelnya sendiri sebenernya tidak jauh dari stasiun kereta, letaknya di pemukiman warga, agak masuk2, saya bisa nemu hotelnya karena ngikutin google map!