Bertualang ke Fussen – Bab cara murah pake kereta

Another weekend was coming, teman-teman sekelas sudah punya rencana masing-masing, ada yang milih main Mountain Bike ke Prague, ada yang ke rumah sodaranya di Mainheim, ada yang mau ke Heidelberg, ada yang mau ke Zurich, ada yang mau ke Italy, Mudahnya kalau kita ada di Eropa, dengan passport Schengen kita bisa keliling beberapa negara dengan biaya yang cukup murah. Cukup murah disini artinya jika dibandingkan harus keluar biaya transport dari Indonesia lho. Beberapa teman yang dari Frankfurt ke Prague, menggunakan cara seperti ini: naik bis malam, tidur di bis, nyampe di Prague besok paginya, jalan2 seharian, trus pulang lagi malam hari, jadi praktis bisa tidur di bis dan menghemat biaya Hotel! Cara ini bisa diterapkan untuk bepergian ke Paris, Amsterdam, Luxemburg atau Zurich, selama masih bisa dijangkau menggunakan bus semalaman. Harga tiket sekitar 50-60 Euro sekali jalan, tergantung jarak.

Saya milih kemana? berhubung saya suka gunung dan landscape, saya lebih milih ke selatan, ke provinsi Bavaria yang banyak gunung, jauh ke selatan ke arah perbatasan Austria, dimana pegunungan Alpen berada ๐Ÿ™‚

Bepergian paling murah kalau di Jerman, tiada lain kecuali dengan menggunakan kereta, tepat waktu, nyaman dan aman. Kok bisa murah? Biasanya mereka punya tiket “terusan” yang berlaku di seluruh provinsi, misalnya Hessen ticket berlaku diseluruh kota di provinsi Hessen dan berlaku seharian, atau lebih, begitu juga di provinsi Bavaria, mereka punya yg namanya Bayern-Ticket.

Sebagai contoh untuk kereta di dalam kota saja, misalnya Frankfurt, untuk sekali jalan ke satu tujuan kena biaya 2,6 Euro, tapi Kalau satu group maksimal 5 orang cuman kena biaya 9,5 euro, dan ticket bisa dipake kemana aja pada hari itu bebas pulang pergi nyasar sana sini, dan rata2 tidak pernah diperiksa, alias warga kota disini sudah sadar hukum, kalau ketahuan ga bawa tiket kena denda 40 euro. Jadi walaupun tidak ada yg meriksa karcis, mereka semua beli ticket.

Nah, kembali ke cerita jalan2 murah di Jerman, untuk kasus saya yang ingin pergi ke perbatasan Austria nun jauh di selatan, di provinsi Bavaria. Saya harus beli Bayern-Ticket yang harganya 22 Euro, ini berlaku seharian, bahkan kalau weekend berlaku sampe jam 3 pagi ke esokan harinya. Kalau bepergian lebih dari satu orang, cukup nambah 4 euro per orang. Jadi karena kemaren saya pergi bertiga, ticketnya cuman 30 Euro. Dan ternyata Bayern ticket untuk perjalanan malam jauh lebih murah, yaitu 18 Euro, jadi total kemaren kita cuman keluar 26 Euro, jumlah jamleh bagi tiga masing2 kena 9 Euro saja! murah banget kan?? Nah berhubung Bayern-ticket ini hanya berlaku di provinsi Bavaria, saya harus pergi dulu ke kota terdekatdari Frankfurt yang ada di provinsi bavaria, sialnya ticketnya seorang kena 7 Euro hehe, padahal waktu tempuh di kereta hanya 45 menit saja. Kota terdekat dari Frankfurt yang ada di provinsi Bavaria adalah Kahl, kota sepi yang stasiunnya kalau jam 6 pagi seperti stasiun hantu saking sepinya. Nah dari kota Kahl ini all the way down to South melewati Munich atau Augsburg menuju perbatasan Austria. Waktu tempuh sekitar 8-12 jam dan 3-5 kali ganti2 kereta. (tergantung connecting Train)

Dengan ticket yang murah tersebut, hal negatif nya adalah kita harus gonta ganti kereta di kota2 tertentu, dengan beda waktu kedatangan dan keberangkatan bervariasi, mulai dari 2 menit sampai 15 menit, jadi kalau kita lihat orang2 bergegas berlarian keluar kereta ya karena buru2 ganti kereta supaya nggak ketinggalan. Dan Kereta di Jerman sangat precise, tepat waktu aujubilah. That’s why I admire German Precision. Pulpen Rotring 0,3 dan 0.5 aja keliatan bedanya kan?

Buat first time traveler agak riskan memang, tapi cukup mudah kok, tinggal lihat nomor kereta dan jam berangkat dan datang saja. Time table bisa di print di mesin ticket, lengkap! Mau lebih nyaman? bisa download aplikasi DB di IOS atau Android, selama kita punya internet connection, kita bisa lihat jam sekian kita berenti di stasiun apa, kota apa dan jam berapa. Sangat mudah.

Untuk kasus saya yang mau ke Fussen nan jauh di selatan Jerman, saya harus jalan jam 5pm dari Frankfurt Hbf menuju Kahl, dan dari Kahl saya gonta ganti kereta 2 kali menuju Munchen Hbf, lalu terdampar disana dari jam 1am malam sampai ada kereta lagi jam 4am, masih ganti sekali lagi untuk sampai di kota Fussen jam 6:30am.

Untuk backpacker yang sudi susah dikit, penuh petualangan dan cerita, cocok pake cara ini, kalau bawa koper banyak, bawa anak, bawa orang tua, jangan deh, spend some more money and get the airplane atau pake kereta ICE yang super cepat saja.

Info tentang perjalanan kereta bisa didapat di http://www.bahn.de , tuker bahasa ke inggris, cukup masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, nanti keluar biayanya, cukup pindah2 waktu, bisa terlihat jam mana yang tiketnya murah ๐Ÿ™‚

BTW 2 teman saya setelah dari Fussen, satu orang kembali ke Frankfurt untuk menjemput istrinya dan berangkat ke italy, satu lagi berangkat ke Zurich dan langsung pulang kampung. Selama perjalanan ke Fussen mereka bisa tenang tidur karena saya yang liat jadwal dan turun kereta lalu cari jalur yang benar. Teman saya yang akan melanjutkan perjalanan ke Zurich sudah pesan kereta murah, yang memerlukan 3-4 kali ganti kereta dan jarak pergantiannya hanya 2-3 menit, keder dia hahahaha karena harus melakukan itu sendirian, gak berani dan akhirnya menyerah…tuker tiket dan gantii kereta ICE yang lebih mahal.

Sedikit cerita kira2 3 tahun lalu ketika saya baru mulai belajar naik kereta sendirian ke Salzburg, perbatasan Austria juga, tapi agak ke tenggara dikit. Ada 2 orang yang mau camping ke pegunungan Alpen dari Belanda, bawa2 koper besar yang kalau dibuka jadi dipan buat tiduran, waktu itu katanya di Belanda lagi panas banget, dia mau cari yg dingin2 ke pegunungan Alpen, disitu dia cerita bepergian di Eropa sangat murah kalau pake kereta, asal waktunya benar dan harus mau gonta ganti kereta dan kadang2 nginep di stasiun. Minat?? Untuk yang suka naik bus, bisa cek http://www.eurolines.com.

Silakan dinikmati foto2 kereta nya:

Train in Germany

Train in Germany

IMG_0441

Train

IMG_0443

Yellow Train

IMG_0446

Bike on the Train is Always Welcome

P1060286

Somewhere in Augsburg

IMG_0450

Train Timetable from iPhone

P1060278

Regional Train

P1060280

Double Deck Train

P1060282

Thunderstorm

P1060285

ICE Train passing by

Peta perjalanan ke Fussen

Peta perjalanan ke Fussen, point hijau adalah Kahl (main) ย dan Merah adalah Fussen

Funny Ceiling near Munchen Hbf

Funny Ceiling near Munchen Hbf

P1060106-2

Yes…It is Fussen

Bersambung…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: