Sensasi Drifting di TW5

Dapet undangan mendadak dari Om Bob Blepotan ada yang ulang tahun katanya, kucoba melempar manggism hubungi temen2 siapa yg mau ikutan goes ke Puncak, hanya 1 orang yang menyambut gayung ala bang Oji, yaitu om Randy. Janjian meeting di rest area sentul jam 5:45, terpaksa berangkat setelah subuh. Om Randy goes dari Pamulang melewati daerah lampu merah di tegal rotan dan janjian di depan showroom BMW sebelum masuk tol di sektor 9.

Malemnya saya males berangkat, ga tau kenapa, tapi karena udah janjian yasudah berangkat aja deh, habis subuh langsung jalan ditengah sepinya subuh, masuk ke perigi ada kakek2 warga setempat berdiri di tengah jalan…..walah rampok?? tapi kok aki2 masih ngerampok? mana pake batik lagi….saya hindari dia….kedenger dia bilang, ga bisa jalan…. mmmm….orang setres nih kayaknya, pagi buta begini berdiri di tengah jalan…hhh…. di kejauhan saya liat sih ada mobil jalan. Sambil jalan sambil mikir, tuh aki-aki setres kenapa ya? pengen kawin lagi atau gimana gitu?? pas belok diujung jalan mobil di depan udah menghilang belok ke kanan, jalanan sepi banget, ya eyyaa laaahhh masih jam 4:30 an lagee…. maju lagi 100 meter…bener ga bisa jalan….pas di jembatan setelah pertigaan ada tiang listrik rubuh….kabel kistrik kemana-mana….walaaahhh cilaka…..berarti aki2 tadi waras….gw aja yang su’udon hueheueu.

Bingung deh, terpaksa ke kanan, ke arah kampung….karena ga tau jalan ya puter balik dah, se sial2nya muter lewat Alam Sutera dan ke BSD….ampun jauhnya…..pas balik arah ada supir taksi, nanya mau kemana pak, saya bilang saya mau ke tol di sektor 9, dia bilang yuk ikut saya saya apal jalan, yaudah saya ngikut di belakang, muter lagi…. tuh taksi masuk jalan2 kampung yang udah di cor jalannya, dan lebarnya cuman muat satu mobil….subuh itu kita iring2an 4 mobil masuk kampung….taunya tembus ke jalan menuju ke JPG, langsung saya sedikit sumringah, Om Randy udah sampe di showroom BMW, saya masih di dalem kampung. akhirnya tembus di Permata Bintaro, alhamdulillah….saya langsung ke kanan dengan stil super yakin. Baru jalan 100 meter udah dihadang bapak2 bawa handy talky…alamak apa pula ini, pake ada police line segala melintang. Ternyata ada kebakaran….ammppuunnnn….ada ada aja, saya langsung stress kalau harus balik arah lewat kampung tadi gak yakin nyampe deh….untung dikasih direction lewat kuburan….hehe bener juga….tancap gaaasss…. bener aja ternyata di perempatan jombang ada ruko baru terbakar, masih ada bara apinya pas saya lewat. Sorenya denger berita, ada korban 4 orang pekerja meninggal tuh disitu.

Sedikit telat akhirnya ketemu juga dengan on Randy yang udah mulai kedinginan nungguin ane, copotin ban, cemplungin sepeda ke dalem dan langsung tancap gas ke rest area sentul. Alhamdulillah sampe sekitar jam 6 pagi. Sudah mulai kumpul beberapa temen2 Blepotan, dan masih nunggu beberapa orang lagi. wajah2 familiar teman sepeda mulai terlihat, walaupun saya gak hapal namanya tapi kita sering ketemu goes entah di JPG, Cihuni atau di tempat lain. Rencananya kita akan iring2an ke Cikatapis, parkir mobil disitu, terus naik angkot ke mang Ade dan masuk jalur Nura, terus keluar gunung mas, cari angkot lagi ke atas untuk coba TW5 dan langsung turun di Cikatapis untuk makan kambing….mmmm…mantab.

Di Mang Ade ketemu teman alumni Cidampit, siapa lagi kalau bukan pasangan abadi om Yufi dan tante Intan, di group BB GTO gak ada kabar goes kemana eeeehhhh malah ketemu di Mang Ade….tersipu2 deh kita…mencuri start goes hueeuheuehuehue.

Om Yufi Nurcan, master bunny hop ane 🙂

Tante Intan GTO

Om Bob nanjak pake Nomad

Puncak View dari Nura

Photograph by om Randy

Trek Nura seperti biasa penuh akar dan batu batuan, rombongan berjumlah 44 orang ini kontan membuat trek sedikit padat merayap. Buat saya ini kedua kalinya saya masuk Nura, cuman masuk turunan leci baru sekali ini, dan ternyata dahsyat abis, trek kering dengan tanah lembut berkelok kelok dan beberapa drop off bikin asik buat dipake kebut kebutan, belok2 main badan mantab sekali….keriangan bersepeda ngebut bisa didapat di sini. Diujung kebun teh menuju gunung mas, sempet main ngepot dikit. Rombongan sudah mulai kocar-kacir, saya ikut om Bob nyegat truck untuk ke atas lagi, mulai start TW5.

Dirt Dive

Iseng

Unloading for TW5

Om Priyo asik ngelamun

Foto Keluarga

Om Randy lagi bantuin nyambung rante

Sebagian besar rombongan turun bukan di gerbang TW5, masuk gerbang tanpa karcis, cuman harus dibayar dengan goes uphill kira2 sekilo, lumayan bikin paha nyut-nyutan deh. Om Yufi, om Randy dan pak Andri yang naik angkot belakangan masuk lewat jalur resmi dan udah nunggu kita diatas. Dari sini kita masuk ke jalur TW3 1/2 kebut2an di tengah kebun teh, dan masuk ke jalur TW5, cuaca cerah tanah kering, banyak belokan membuat trek ini asik untuk dipake kepot-kepotan. Saya belajar ngepot sama om Yufi, dia didepan saya ikutin dari belakang, beliau ngepot saya ngepot juga, teken rem belakang sekuat tenaga pas belok, ban belakang langsung understeer, langsung pedaling lagi deh…. om Yufi jumping….saya telat….wakakakakaka Memang nikmat ya rasanya bisa airborne pake sepeda…

Sedikit review produk nih, sebelum ini saya pake drivetrain SRAM 8 speed, RD sram X7, shirter X5, sproket 8sp dan rante sram, semuanya bawaan copotan Bighit. kesan pake sram adalah, rigid, rante tidak berisik, keras pengoperannya. Pas kemaren ke Puncak malam sebelumnya saya tuker pake Shimano, RD XT shadow 9 sp, sproket LX, rante deore, shifter XT. Memang soal feeling, ngoper gigi Shimano jauh lebih lembut, soal spontanitas, saya rasa sama aja. Sepanjangn trek di Nura yang penuh akar dan batu batuan, rante shimano brisik bangetttttt….suara jangkrik freehub strummer jadi sedikit mengganggu….ibarat noise gak jelas…..rese banget dah. Rasanya tuas RD XT shadow mudah banget goyang, dibanding RD Sram X7 yang cenderung lebih rigid. Memang kalau buat dipake main ngebut dan kasar (maen hajar rock garden dan drop off) sram kayaknya lebih ok ya? Minggu ini mau coba potong rante, dibikin pendek seperti pake sram dulu, nanti dikabarin lagi hasilnya hehe.

Diujung trek ada sekumpulan belokan yang pas banget buat event drifting, tunggu sepi dan langsung kebut2an sambil kepot2an. Diujunng belokan jiiiaaaaaahhhhhh…ada aki-aki lagi nongkrong…..katanya aki aki ini biasa suka nongrong disitu buat minta sumbangan, masih mending kali ini dia nongrong di pinggir, biasanya di tengah….wah modus operandi yang sama dengan aki2 yang tadi subuh heuheuheuehue.

Setelah keluar kebun teh…. keceriaan berakhir, mulai pulang lewat jalan besar, kadang makadam, kadang kampung, kadang tanjakan. Di salah satu tanjakan saya maksa genjot dan rante deore 9sp yang baru langsung putus…darn!!!! selama berkarir di dunia sepeda kayaknya baru sekali ini saya putus rante….lengkap sudah rasa sebel saya ke simona hueheuheue. Lumayan jauh jalan menuju ke Cikatapis, lewat aspal mulus….keluar ke jalan raya puncak, terus masuk lagi cari kampung. Finish di Cikatapis jam 2 lebih, langsung upacara ulang tahun, dan makan sate dan gule kambing deh.

Untuk cuaca panas, Turunan Leci dan TW 5 sangat mengasyikkan untuk kebut2an.

Mohon maaf tidak banyak foto2 indah yang bisa ditampilkan karena saya ke asyikan main sepeda dan tidak ingin kehilangan flow hehe

10 comments

  1. yufinurcan

    Fitnahhhhhhhh neeeehhhhh, saya justru belajar sama om Hilman euyyy

  2. yufinurcan

    Fitnahhhhh neeeehhhhhhh, saya yang belajar dari om Hilman kekekekeke

  3. Randi

    Naek ke TW5 nya pake cheat…alias ngangkot hihihi

  4. Manttaaaabs Om<ane juga sampe lupa bikin foto2 dosa TTB krn keasyikan gowes mgejar dokter edwin

  5. ane lupa mestinya ngikutin om jinkura2 di trek AM,tp kalo pas uphill maaf duluan

  6. borjel

    boleh ajak2 owm kalo mau maen ke arah puncak lagi, mau nyobain aja gitu..ane newbie, kl ke puncak pake sepeda DJ boleh ga ye? 🙂

  7. keren smua om, gaya dan poto2nya…sabtu ini saya mau coba tw 5…mudh2n bisa dpt poto kek om *loh

Tinggalkan Balasan

