Exploring Curug Malela and 6 Waterfalls (Day 2)

Lanjut cerita hari kedua nih.
Saya dan om Yogi masih sibuk ngeker aer terjun, temen2 lain udah pada eneg foto2 di depan curug yang sering disebut little Niagara itu…. Serem juga udah magrib, bukan serem sama setan pocong dan sejenisnya, tapi nyebrang sungai dan naik ke atas gelap2 sieun sasab euy hehehe (baca: takut nyasar). Sekitar jam 18:30 saya dan om Yogi putuskan untuk kembali ke camp, hari sudah gelap, kita gak dapet Blue Hour waktu itu….too bad. Nyebrang sungai berdua aja bawa macem2 gear….berbekal senter police yang terang banget kita tetep aja nyasar wakakakaka….semak2 kalau malem mirip semua euy….sedikit hiking bin ngorondang menembus semak-semak (ngorondang=merangkak) akhirnya kita sampai di jalan setapak yang benar dan diridloi.

Blue Hour Gagal Maning

Tempat kita ngecamp letaknya di tengah2 antara gerbang masuk dan curug, ada pendopo/bale2 tempat istirahat, 4 buah tenda sudah berdiri, suasana gelap….males banget deh….Musti turun ke bawah sekitar 200m untuk ambil air wudlu. Pas saya mau ambil wudlu, tante Dwie satu-satunya peserta cewe terlihat galau….hilir mudik seperti sedang bingung, ternyata dia pengen pipis tapi bingung mau pipis dimana hueheuheuehue….saya bilang:mbak gausah bingung….disini banyak semak2, tapi jangan pipis disini ntar kasian penduduk yg pada kemping disini, mendingan turun agak ke bawah dikit, yuk bareng saya, saya juga mau ambil air wudlu… turunlah kita ke bawah, dibawah ada air kok….jalan diantara pematang yg licin kea rah sungai kecil….gelap sekali, tidak ada penerangan kecuali senter Police. Tuh kan mbak….ada air….saya wudlu duluan ya…Saya turun ke bawah dengan hati-hati, nyebrang dikit dan mulai ambil wudlu….setelah selesai saya bangkit dan bilang….udah mbakkkkk….sok giliran ente sekarang…..sunyi…..mbak??….tidak ada yg nyaut….mbak Dwiiieeeee???? Sunyi dan gelap….walaaaahhhh kemana nih mbak Dwie hilang???? Mulai deh muncul pikiran nggak, nggak, mulai dari digondol gendruwo sampe di abduct sama Alien…..wah cilaka saya bisa kena getahnya nih, bergegas saya naik ke atas sambil panggil2 Dwiieeeee…..Dwiiieeee…..Coba senter daerah sekitar…..tidak ada jejak sama sekali!
Tak ada jawaban, saya pun langsung lari ngebut ke atas sambil teriak2 manggil Tante Dwie…ke atas 50 meter ada sautan….oiiiii….mbak???? yaaa….. Alhamdulillah….mbak Dwie kemana?? Saya cari’in……oohhhh iya tadi udah…. Udah apa??? Udah pipisnya??? Iya katanya……euleuuuhhhhhh…..ternyata mbak Dwie diem2 ikut saya dibelakang dan menyelinap diantara rimbunnya semak2….saya dibiarin ngomong sendiri wakakakakaka. Sampai sekarang tempat Mbak Dwie melakukan ritual “Nature Calls” masih menjadi misteri, entah di pematang, di jalanan single track, di jembatan atau dimana…..wallahualam. Hebatnya lagi Mbak Dwie melakukannya dengan secepat kilat dan Stealth Mode, alias tidak terdeteksi radar sama sekali wakakakakakaka Well Done Mbak Dwieeee…. Kekeke.
Habis magrib dan isya di pendopo, mulai muncul ransum makan malam…..sebentar-sebentar, saya lupa….setelah isya itu kita pada tidur atau makan malam dulu ya? Menunya ayam goreng, lalab-lalaban, tahu tempe dan sambel ijo. Konon jumlah ayamnya pas dengan jumlah peserta goes. Tapi nyatanya saya gak kebagian huhuhuhuuhu….tapi gak masalah, makan sama tahu dan tempe dikasih sambel ijo rasanya luar biasa, saya sebenernya gak suka sambel ijo, tapi sejak kemaren, semuanya berubah, sambel ijonya manteb sekali.
Selesai makan, ada kopi dan jahe, gelasnya dibuat dari potongan botol aqua 1,5 Liter, saya cobain coklat cadburry….mmm…lezat….kata mama, sebelum bobo musti mimi cucu dulu wakakakaka….
Malem itu kita bergelimpangan di pendopo, ada sebagian yg tidur di tenda, karena habis goes, kaki lumayan keram beberapa kali hehe. Tidur tidak nyenyak karena gak pake alas, keras banget cuy, miring salah, telentang salah, apalagi nungging heuheuehue nyeri cangkeng….
Ke esokan harinya subuh….mulai deh acara sebebas bebasnya… temen2 pada goler-goleran bermalas-malasan hehe, saya, Om Yogi dan Om Acep jalan ke atas bawa peralatan foto2. Diatas warung sudah buka, pesen minum the hangat deh….mantab, plus foto2 deh.

Teh Pagi-pagi Nikmat Sekaleeeee

Kelakuan Goeser Nekad, Macho tapi Keibuan...Halah!!!

Above The Scene

One Morning at Curug Malela

Galau Bird

Bike and Camp

Pendopo Tempat Nginep

Makan Pagi Bersama, Sambel Ijo Ternikmat Di Dunia

Gulung Tikar Para Petualang

Jam 8 kita akan sarapan, dan langsung hiking mencari 6 curug lain selain Curug Malela ini.
Menu makan sama dengan semalem, beberapa goeser belajar dari pengalaman masa lalu, sebelum ambil nasi, ambil lauknya dulu wakakakaka….akomodasi yang disiapkan kang Acep memang kelas wahid….mantab kezatnya. Bagaimana tidak kelas wahid, peralatan selain buat goes dianterin pake ojek, sepeda diangkutin ke atas, barang2 diturunin ke basecamp, makan disiapin….bravo kang Acep. Buat yang pengen bikin event ke Malela, boljug hubungi kang Acep nih.
Sekitar jam 10 kita sudah bongkar tenda dan siap2 menyusuri 6 Curug ditemani seorang bapak2 penduduk lokal. Mulai masuk ke semak-semak, beberapa teman ada yang pake sepatu dan ada yang pake sandal saja, soalnya konon bakal nyebrang2 sungai, saya sendiri salah kostum, pake sepatu tapi pake celana pendek, padahal nerobos semak-semak begini hadeeuuuhhhhhh tapi tenang, saya sudah pake tabir surya plus whitening anti aging yang dilengkapi dengan DHA dan probiotik, mantab gaaannn hueheuheu.
Curug pertama yang kita temui kecil saja, padahal sudah babak belur keluar masuk semak. Lanjut ke Curug berikutnya, pake acara melipir sisi sungai, loncat2 diantara bebatuan supaya sepatu nggak basah, sampe akhirnya kita terpaksa buka sepatu dan gantung di leher, masuk ke air sedalem paha. Sampai kita di curug yang ada pelanginya, sayang kita cuman liat Curugnya dari atas. Dari sini kita mulai hiking plus ngerayap lagi ke semak2 diatasnya, karena tidak ada jalan jadi harus trabas sana trabas sini, Alhamdulillah akhirnya kita nyasar karena menurut kontur GPS yang kita bawa, jalan di depan curam sekali alias menuju jurang, terpaksa ngerayap lagi ke atas bukit. Fisik sudah mulai lelah waktu sudah sekitar jam 12 siang, sudah molor dari prediksi. Akhirnya kita menemukan peradaban……nemu sawah di tengah hutan…. Alhamdulillah. Jalan ke atas dan sampai di gerbang curug Malela. Sepeda dan peralatan sudah disiapkan untuk mulai perjalanan pulang. Siang2 bo….puanaaasssss….tapi kita harus goes lagi ke tempat parkir….wedeeewwwww.

Tarik maaaannngggg

Basah....Basah....basah...celanakuuuuu...ah ah ahhhhhh....

Ngerayap.com tidak ada dalam brosur xixixixi

Akhirnya nemu Peradaban

Nyasar Siang Siang jam 12 an.....hadeeuuhhhhh

Neduh Dulu Sama Mimi Cucu

Bagai Sang Surya Menyinari Dunia

Mulai kita goes naik turun di jalanan makadam ditengah terik matahari, hasrat motret sudah jauh berkurang, sudah males berenti2 lagi. Di suatu cabang, kita berpencar, sebagian yang udah lemes jalan kea rah kiri, yang masih pengen mencari singletrack harus nanjak dulu ke atas. Singletrack nya lumayan asik untuk kebut2an dan sedikit jumping2 kecil…padahal asik buat motret pas nikung, tapi ah sudah lah, lebih baik menikmati main sepeda di turunan.

Goes Pulang Yuuuk

Sampai di pabrik the Montoya, mulai deh acara foto2, silakan aja dinikmati foto2 nya.
Jam 2an sampai di tempat parkir, menu makan siang sudah tersedia…..Mantab bangettttt. Makan sampe nambah hueheuheu. Jam 4 an kita mulai pulang ke Jakarta, ngebut di jalanan rusak. Sampai Jakarta sekitar jam 9 malem.
Kesimpulan, perjalanan goes ke Malela lebih ke arah goes wisata, camping dan foto2. Main sepedanya paling cuman 2-3 jam saja. Pemandangan mantab sekali cocok buat pemotretan. Acara camping dan makan-makannya luar biasa. Untuk yang minat ke sini bisa hubungi kang Acep saja. Memang 6 curugnya tidak terjelajahi semua , kapan2 kita lanjutkan kang Acep.

Pabrik Teh Montoya

Tante Dwie Jadi Korban Potograper

Koper Boy Dadakan

Kuncen Curug Malela

Iklan

26 comments

  1. yufinurcan

    harus kesini ntah kapan :D, mau gowes, mamotoran atau jalan kaki pun jadi kalau kuat tapi hehe, nice trip om

  2. aries bn

    bagus dri. Di sekitar bandung sebenarnya banyak objek wisata yg kayak gini yah. Terakhir datang ke tempat yg mirip2x beginian zaman kuliah dulu, itu juga waktu diksar GEA, udah lama pisaan. Pengen juga ke situ.

  3. Om, motret dari bawah dg sinar matahari yg seperti bintang itu caranya bijimana, ajarin dong, new ie nih…

    • gampang om, pake f/stop terbesar aja…. trus di underin deh barang 1-2 stop tergantung selera dan efek yg di inginkan, kalau gak salah saya pake f/22 nih….

  4. F/ besar dan dua stop under expose buat mengurangi terik matahari yah…Siippp siyap dipraktekkan di savana dg kuda berlarian nih… Seandainya ada coaching clinic di Tambora Heheheheh

  5. Thanks for the advice Om… *kelupaan heheheh

  6. Acep Permana

    Cakeeep….akhirnya muncul juga reportase hari ke-2. Masih penasaran nih sama curug lainnya….liburan lebaran yang mau melipir ke sini yuk ditunggu di basecamp…

  7. Dwie

    hua…ha..ha… cerita misterinya di upload cuy….yang jelas aman…..pake insting jadi tdk merugikan ornag banyak om Hilman…..keren2 foto barengnya,,,,tengkyu foto black and whitenya….

  8. Dwie

    foto sessionnya ijin buat cover yah om..makasih..

  9. Dwie

    orientasi medan kurang yah kita..ternyata ada bilik MCK sebenarnya cuma sumber airnya blm di buat….wkwkwkkw…

  10. Bob Estanto

    keren bgt nih apalagi yg gw jadi cover dadakan…siap menampung file utuh (foto yg rame2 juga nerima) di bobdestanto@yahoo.com (mensedekahkan juru potret yg batere kameranya disabot itu pahala loh Man….hahahahaha)

  11. Mantaaaaabss….!
    Pokoknya gw harus ikut kapan2. Temani saya ya Mbak Dwie xixixixi 😉

  12. doliphoto

    petualangan yang menyenangkan 🙂

  13. Anton Suroyo

    Ngabibita euy ………. kapan yaaa……

  14. Yogie Subrata

    Foto-fotanya bagus Kang (so far …. soalnya saya nggk mahir popotoan euy hehehe…) …. Selling point-nya menurut saya adalah “Story telling”-nya Kang .. mengalir ..mantepfs … itulah salah satu kelebihan Obama waktu kampanye (tentunya yang dirancang oleh “Tim Kampanye”-nya ..hehe … tanya deh Roby Muhamad tuh …. ) …. Eksplor terus kemampuan story telling-nya ya ..hehe … keep up the good work nya ki dulur ….

  15. Acep Permana

    Lebaran hari ke-3 aku mau ke Basecamp Malela…ada yg mau ikut ? mau nyari jalur ke Ciwidey

  16. rizqiangga

    satuuuuu yg gw suka dari blog ini.. foto2 nya ituloh pengambilan gambarnya bnr2 mantappppp anglenya masssss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: