Mengejar Kastil Sepanjang Sungai Rhein July 2010

Ini adalah blog pindahan dari sepedaku.com

Awalnya saya cuman pengen mengisi wiken disela-sela training yang bikin stress, setelah browsing jauh2 hari, diputuskan untuk berburu foto2 Kastil, dan kastil yang terpilih adalah Marksburg Castle di kota Braubach, kenapa kastil ini? konon ini salah satu kastil yang tidak pernah hancur sejak pertama dibuat di abad pertengahan. Walaupun pada akhirnya saya sempet berubah pikiran dan ingin mengunjungi kastil Neuschwanstein yang dahsyat itu tapi apa daya hotel yang sudah dibooking lewat internet tidak bisa di cancel! Mau gak mau supaya tetep di reinburse kantor, saya harus ke Braubach….Damn! Silakan tengok dulu penampakan kastilnya…

Baru minggu kemaren saya browsing2 liat peta Braubach….muncul ide gila untuk goes saja, kebetulan Braubach itu ditepi sungai Rhein, dan menurut info dari internet banyak sekali Castle2 abad pertengahan bertebaran di sepanjang sungai Rhein, dan mantabnya lagi ada trek sepeda!!! Wah asyik kayaknya goes disepanjang sungai dengan udara yang bersih dan segar. Info didapat di website dahsyat www.bikemap.net kita bisa search kota dan cari bike track dimana saja di seluruh dunia!

Akhirnya dipilih rute dari Bingen menuju Braubach, sialnya karena kota Braubach ada di seberang sungai terpaksa harus goes dulu ke Koblenz. Coba cek peta Castle ini…

Dan peta goes dari bikemap…kelihatannya menarik… Tidak terlalu jauh dari Frankfurt, ongkos ke Bingen 10 Euro, kalau langsung ke Braubach 22 Euro, jadi itung2 ngirit 12 Euro hueheuhue…kelihatannya masuk diakal….coba cek…

Dari Bikemap.net dapet info peta termasuk jarak, disitu terbaca jarak 42,2 Mil…. kira2 50 km an lah…. mmm…. sepanjang karir goes saya kayaknya baru sekali lebih dari 50 km….itu juga karena leadernya nyasar heuheuehu mulai deh ciut, secara goes di JPG aja saya cuman kuat 1,5 puteran hehe…. Saya mengandalkan kontur sungai Rhein, karena goes searah dengan aliran sungai, harusnya turunan dong ya? mimpi saya adalah bisa goes tanpa perlu mengayuh pedal, coasting sepanjang sungai Rhein, mirip dengan dari kantor ke hotel tempat saya menginap sekarang….mantab!!!
Dari webnya ketinggian Bingen adalah 282 m, dan koblenz 219 m, secara teoritis memang DOWNHILL, tapi ada keterangan: Inclination: Flat as Pancake….Sadaaappp…. sangat2 menantang adrenalin….!!! Menantang my ass… tapi lumayan lah sing penting ono pudunan hehe. Dan sudah direncanakan saya tidak akan goes 50 KM, saya mau naik kereta sampe tengah aja….jadi goes 25 km aja dah….. asyik kan? Apalagi ada rencana jahat, beli ticket dari Frankfurt sampe Bingen, tapi karena jurusan keretanya sampe Koblenz, saya mau terus aja….pura2 gak liat setasiun wakakakakaak.

Hari H persiapan sudah lengkap, air disiapkan 3 botol 1,5 literan, baju kering dibungkus plastik, kamera dibungkus plastik, roti dan sele nya, beberapa coklat, masukin sweater mumpung masih ada tempat di ransel Vaude. Sekalian cek out hotel saya berangkat, sialnya 1 botol ketinggalan di kamar….Damn!
Di setasiun besar saya beli 3 gepok Burger King (maklum…gak mau telat makan kayak tragedi Salzburg terulang hehe), mulai deh stress nyari jalur kereta sama bingung baca itinerary, tapi udah lebih ngerti dah dibanding minggu lalu, ketemu lah kereta ke Mainz, terus dilanjutkan pindah kereta cari jurusan Koblenz, 1 menit lagi berangkat saya tergopoh-gopoh masuk gerbong yang sudah lumayan penuh, bahkan di gerbong sepeda pun saya cuman bisa berdiri di depan pintu, mana sebelah saya cewe Turki lagi awwwww…. gareulis geuningan cewe Turkey teh euy…
Sejak dari Frankfurt tidak ada seorangpun yang memeriksa ticket…hehehe….mantab…lanjut ah sampe tengah2 seperti rencana, apalagi kebetulan saya berdiri dekat pintu, gampang keluarnya….Betul yaaa…. hampir! Menjelang 1 stasiun lagi menuju Bingen, segerombolan anak2 muda Jerman menyerbu masuk dari setasiun kecil, sepeda Dahon saya yang melintang tambah kedempet gak karuan, saya makin mepet aja ke si Turki…. halah…..! Mengingat kondisi sudah sangat darurat, akhirnya saya memutuskan untuk turun pas kereta berenti di Bingen….What was I thinking? bersama saya turun goeser dengan susah payah ngeluarin sepeda karena sepedanya ditaro paling dalam, easy for him karena dia orang Jerman…bisa bilang misi mas, misi bu…lha saya??

Well that’s ok lah, kalau gak kuat, tinggal cari setasiun terdekat dan lanjut pake kereta, gitu aja kok repot, cuaca cerah nih, enak goes kayaknya….

Peta hasil nge print dari bikemap.net sudah siap sampe ke gang gang kecil pun ada, tapi di pinggir sungai ada Bike lane nih…ikutin aja deh…Mulailah saya goes pelan-pelan sambil menikmati pemandangan…. Angin kenceng banget, dan dingin lagi….biar matahari bersinar terang tetep aja kerasa dingin padahal saya cuman pake kaos oblong, aink bisa asup anjing euy….begitu kata temen saya hehehe…. Saya pun mulai goes, jam menunjukkan pukul 10 pagi.

Pas ada kesempatan ke sisi sungai, weleh ada pasir kayak pantai neh….emang sungai Rhein lebar banget, jaraknya kira2 500 M atau lebih kali ya??

Dan angin aseli kayak di pantai, kenceng dan dingin….. it’s bad. Disini banyak yang goes juga, ada yang ke hulu ada yang ke hilir, kebanyakan keluarga dan kakek nenek, rata2 pake jeket wind breaker, sebelumnya saya sempet liat2 jeket macam Jack Wolfskins, atau Nort Face, cuman ajegile….harganya rata2 2 jutaan!!! diluar jangkauan lah. Sementara mumpung masih panas coba dulu deh…

Karena saya lebih memprioritaskan bawa air, dengan terpaksa tripod kecil tidak bisa saya bawa, untuk motret diri sendiri, cukup taro kamera di bawah, atur focus dan pasang f/ besar kurang lebih hasil foto seperti ini…not bad for wide angle, satu-satunya lensa yang saya bawa!

Setelah sekitar 20 menit saya goes, akhirnya nemu satu castle di sebelah kiri…angle terbatas dan gak bawa lensa lagi, apa boleh buat, cuman dapetnya seperti ini…

Sepanjang Bike lane yang dibuat dari paving blok dan kadang2 aspal ini cukup banyak yang goes, karena disekitar sini banyak tempat camping, jangan bayangkan orang kemping seperti di ciwidey atau di Jayagiri sambil bawa ransel yang digantungi panci gosong, disini orang kemping bawa mobil van, apa ya nama mobil karavan yang ada segala macem didalemnya, mulai dari kasur sampe WC? Mereka rata2 bawa sepeda, mobil van nya parkir di tempat kemping terus orang2 nya tidur2 an diluar atau kadang2 main sepeda sepanjang jalur ini. Kebanyakan keluarga dan manula…cekidot:

Karena gak tahan dingin dan takut masuk anjing yang tadi, akhirnya saya goes pake sweater, lumayan gak menahan angin yang penting agak anget aja, dan akhirnya saya pun sampe di caste Reichenstein, bad composition….my bad 

Ide bertualang sendirian gak bisa saya pahami, sepanjang saya naik gunung (dulu waktu masih muda hehe) paling sedikit saya naik berdua, goes sepeda sendirian cuman saya lakukan kalau ke JPG, dari situ baru goes bersama. Jadi buat beberapa petualang hebat seperti Paimo, orang Bandung yang keliling dunia naik sepeda, bahkan Devin JPG. Mereka benar2 hebat!!! saya baru beberapa menit goes sendirian aja udah mulai bosen, satu-satunya hiburan buat saya adalah kalau ada obyek menarik untuk dijadikan foto, satu2nya aktifitas lain selain mengayuh crank Paijo…eh maksud saya Sugino, crank standar Dahon Speed P8. Berikut beberapa fotonya…

Pada sa’at saya lelah, juga foto, obyeknya apa lagi kalau bukan foto diri heuheuheue punten ah rada Narsis yeuh….

Sampai akhirnya saya sampe ke Castle berikutnya, Castle Sooneck. Sa’at yang tepat untuk mengambil nafas, ma’af kalau saya menghalangi tampilan Castlenya….udah mulai cape nih males geser hihihihi

Gak lama bike lane mulai ke pinggir jalan raya, tapi masih di bike lane…. sepi hiks…

Sampe ke Stahleck Castle di pinggir jalan, sial gak bawa lensa panjangan dikit, cuman segini dapetnya…nasiibbbb nasib…

Kadang2 kereta lewat….obyek yang menarik untuk di foto, biasanya regional bahn lewat sejam sekali, kereta lokal dan yang bawa kontener beberapa kali lewat…

Habis motret goes lagi dan ketemu Castle Pfalzgrafenstein di Kota Kaub, letaknya tepat di tengah2 sungai Rhein, dari tadi kapal turis bulak balik sepanjang sungai Rhein, disini tempatnya orang2 berduit dan rata2 turis, tour de Rhein. Diatas kapal pada makan dan minum….saya goes dan berkeringat, eh nggak juga deng…duingin je….

Di sisi kota pas ada kereta lewat…foto dulu ah….kadang2 kalau obyeknya mendadak seperti kereta saya gak sempet berenti goes, pake sebelah tangan langsung jepret aja, jadi mohon mangap kalau hasilnya kurang maksimal ya…

Beberapa ratus meter ke depan, diseberang sungai ketemu Gutenfels Castle… sekali lagi dengan lensa maksimum 24mm, cuman ini yang bisa saya dapetin…hiks..

Matahari yang dari awal menyinari perjalanan ini, sudah hilang….dan ganti dengan mendung….plus angin dari arah depan, nggak seperti goes turunan nih….bener2 Damn Pancake! awan bergulung2, kalau hujan kacau nih….hancur dagangan!

Ditengah mendung dan saya yang goes agak ngebut, eh ketemu Castle Schonburg, apa salahnya berenti bentar toh….

Terus nemu rumah lucu di sebelah kanan…mumpung yang punya lagi tidur…fotoin dulu ah…

Mulai lagi goes sendirian… what a lonely Planet…

Sedikit ada hiburan kalau kereta lewat…
Dasar orang kampung jarang liat kereta hihihihi…

Karena angin tepat meniup ke arah saya dari depan, mendung tadi kelihatannya udah pindah ke belakang, ganti dengan matahari dan langit biru, kali ini panas2 nemu terowongan…sambil istirahat makan coklat saya nungguin kereta keluar terowongan, jam udah sekitar jam 12, jadi saya baru 2 jam jalan hehehe…
Lama juga saya nongkrong ditepi jalan ini….sekitar 15 menit kali….sampai akhirnya sebuah kereta lewat…

Gak lama saya nyampe di St.Goar dan foto sepeda lagi…

Dan akhirnya setelah agak jauh baru ketemu castle lagi….
fortress Rheinfeld di sebelah kanan sungai…

Akhirnya setelah cape goes, berat karena angin dari arah depan, lutut mulai cenut2, saya sampe di satu kota dan nemu penunjuk jalan…Koblenz masih 35 KM lagi….holly shoot…. saya baru goes 15 kilo aja udah begene….

Dijalanan ketemu dengan gerombolan ibu-ibu arisan Steigenberger, pada goes dengan semangat, padahal saya udah lemes, udah jam 1 siang, nyari tempat enak buat makan siang nih….nenek2 ini semangat sekali…jelas aja, wong anginnya dari belakang hehe…alesan!

BTW ceritanya lanjut besok yeee….cape banget nih badan….bukan cape goes….saya ngetik dan ngedit foto2 sejak dari jam 17:00 sore…sekarang udah jam 22:30 hehehe…

Jam sudah menunjukkan 13 lebih, kebetulan di depan ada fly over ke arah lain, lebih tepatnya adalah kolong jembatan, naaahhh cocok nih….sesuai dengan habitat asli wakakakaka, jadi saya stop disini, sekalian nandain wilayah, saya berlindung dari terpa’an angin yang kencang, standarin sepeda, keluarin makanan…alhamdulillah, masih bisa makan euy hehe… Menunya apa? apalagi kalau bukan Burger Benyek heuheuehue…

Plus beverage nya Limun Oplosan, ya ini bukan Mountain Dew beneran tapi isinya campur2 sprite sama fanta sisa jatah minibar heuheue…

Maka makanlah saya…. yah bukan kelas Nasi padang, tapi lumayan lah maklum lapar, sedikit rewog mumpung ga ada yg liat, sambil makan saya ngobrol2 sama helm, ransel dan sepeda…parah!

Habis makan….dengan tenaga baru…goes lagi….cuman gak bertahan lama… makin lama angin makin kenceng…saya goes makin lambat…sudah mulai down nih….
Hiburan satu-satunya adalah kalau pas dapet pemandangan bagus…berenti bentar pura2 mau motret padahal istirahat hehe..

Masih di tikungan yang sama saya bener2 habis…ga semangat… bosen… apalah…intinya sih…ga kuat lah…lemah.
Bener2 cupu abis…. Kalau udah gini kerjanya jadi ngelamun….ngelamun di pinggir sungai kaya orang bego….

Kadang2 pura2 dadah2 hehehe…

Sampai akhirnya ketemu kota dan dapet warna2 menarik…lumayan daripada suasana suram melulu yeee…

Sampai akhirnya dapet pencerahan…. terlihat ada feri penyebrangan, kebetulan nih, daripada saya harus ke kota Koblenz terus nyebrang dan balik arah, mendingan saya nyebrang disini…bayar 2 Euro, lagian lumayan untuk gonta2 pemandangan toh….disini saya ketemu pasangan Tuwir yang lagi indehoy dengan mobil konvertible nya, dan ada pasangan keluarga roadbike yang ternyata di kereta belakang ada bayi umur 7-8 bulanan, edan….bayi kecil gitu udah diajak turing sama emak bapaknya….. Biasa kali ya disono…
Cekidot…

Setelah nyampe di sisi kanan sungai Rhein, mulai ada semangat baru nih, pemandangan agak lain, dan lumayan banyak menemukan hal2 baru, misalnya banyak sekali mobil sport ngebut lewat sini, mungkin ini yang dinamakan wisata Romantic Road, pemandangan indah, jalan mulus, naik sport car convertible…sebut saja Porsche, Ferrari, Audi, vw kodok klasik convertible, lengkap dah…bahkan beberapa mobil roadster, yah kalau cuman BMW dan Mercy sih gak keitung ya… Dan yang mantab suara mesinnya itu loh…. ROOAAAMMMM….

Fotonya nanti yee…. belum di upload hehe…

Ini beberapa foto dari bike lane sisebelah sisi kanan sungai Rhein…


Horeeee….5 KM lagi prikitiwwww…..

Ketemu sepeda ala roket…ngebut pisan euy…

Waktu sudah menunjukkan jam 14:45… masih ada 6 jam lagi ke malem….ternyata sekarang malah ngerasa kecepetan…mau ngapain ntar selama siang di hotel akhirnya goes jadi pelan2 dan banyak cari2 spot menarik untuk difoto…
Disatu point Marksburg castle sudah keliatan….cuman gitu doang nih Damn….

Dikit lagi sampai…

Ternyata sampe di hotel yang dituju, jam 15 an…. jadi total waktu tempuh 5 jam saja…untuk jarak kurang dari 50 KM… Alhamdulillah gak kena hujan dan selamat di perjalanan, cuman pas nyampe hotel liat Castle kok cuman gitu doang nih…. mau naik ke bukitnya dan masuk ke Castle kok udah gak napsu. Kota Braubach….emh…tepatnya Desa Braubach sepi banget, mungkin isinya orang tua2 semua…sangat berangin, sekali-kali ketemu orang2 tua lagi jalan2 sama anjingnya. Selebihnya sepi…. jadi anti klimax hehe, kemaren ke Salzburg sangat rame turis gak suka….Sepi begini gak suka juga…dasar manusia, gak ada puasnya!
Kamar lumayan enak, pemandangan ke sungai Rhein… malem tidak bisa tidur karena terlalu cape, gak ada alasan berlama-lama disini, besok mau ngejar kereta sepagi mungkin ah…. sebelum masuk kamar, jalan2 bentar ke gang gang di desa Braubach ini….benar2 hampir ga ada kehidupan….caricing di jero euy hahahaha….
Selamat menikmati lah… Overall….perjalanan yang so so lah…. mau diulang?? mmm….kalau sendirian kayaknya nggak deh…. barusan liat majalah sepeda tentang goes di pegunungan Alpen….Nah itu baru dahsyat…..

9 comments

  1. Maneh mah ngabibita wae. Dulu udah baca, skrg baca lagi jadi pengen kesana juga sasapedahan. Semoga tercapai, aamiin…. meski gak tau how 😀

  2. sebentaar.. ini om ryolasta bukan sih ? 😀

  3. Sedeep boss, cerita + fotonya komplit…. Gudeg jogja komplit aja kalah….

  4. Ping-balik: Bertualang ke Fussen – Bab Neuschwanstein Castle | IndoTripFoto

Tinggalkan Balasan

