Capung Macrography March 21, 2010

Sudah sering saya liat foto facet mata capung, dunia makro ini lah yang membuat saya pertama tertarik ke fotograpi, walaupun akhirnya suka macem-macem juga sih. Heran saja kok bisa dapet mata begitu detil. Saya sudah coba makro pake reverse lens, pembesaran aujubilah tapi jarak focus dekat sekali, hampir mustahil motret capung sedekat ini tanpa dia terbang. Coba pake lensa macro beneran sudah, Sigma 50mm pernah, ngerasa terlalu dekat dengan objek, dicoba lensa panjangan Nikon Micro 105mm, masih belum dapet juga….selalu tidak pernah tajam….
Akhirnya saya baru mengerti kenapa orang motret macro senang pake manual, sehebat-hebatnya AF-D tetep aja gak sesuai dengan keinginan kita. Sama satu lagi nasihat kang Iwan Hainim, motret macro itu yg penting focusing dan pencahayaan. Saya baru mengertinya setelah sekitar 6 bulan, mulai sekarang saya motret macro selalu pake flash hehe…
Kebetulan ada capung nyasar masuk rumah, terbang sampe cape dan akhirnya hinggap di dinding dan meja buku, di foto jarak deket pun diem saja, pake lensa standar 55mm diem, tambah extension tube supaya jarak focus makin deket juga tetep diem….kayaknya dia pingsan kecapean jadi saya leluasa motret mukanya, walaupun belum setajam teman2 di FN…yang bisa sampe motret jenggot capung 🙂 kebayang gak loe…? Tapi ini saja sudah gembira….kabar terbaru, capungnya baru saja almarhum…disamber cicak. Cruel World….

Nikon Micro 55mm f/3.5 f/22 1/125 flash full power extension tube

Nikon Micro 55mm f/3.5 f/22 1/125 flash full power

Nikon Micro 55mm f/3.5 f/22 1/125 flash full power extension tube

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: