White Panci was born… (30 April 2007)

Semuanya berawal dari JPG sekitar 3 bulan lalu, waktu itu saya sedang goes pas menuju turunan leter S, disitu berpapasan dengan seorang goeser yang sampai sa’at ini tidak diketahui namanya, sedang TTB dengan sepeda sangat aneh, tidak ada mereknya, motif aluminumnya seperti batik lengkap dengan fork triple crown. Sepertinya ini sepeda berat sekali. Sampai di mpok ngobrol2 dengan Oom Ivan Gunawan (yang ini bukan Ivan Gunawan yang designer kondang itu) dan diketahuilah bahwa frame yang tadi ketemu di tengah JPG adalah frame “panci” yang cukup hangat dibicarakan di milis MTBI. Frame ini cukup murah untuk ukuran frame downhill, harga sekitar 450-500rb saja. Dari si Oom juga didapatlah alamat penjualnya yaitu di toko Nets Bandung. Hasil riset sana sini dan ngobrol dengan teman sejak kecil di Bandung diketahuilah bahwa frame ini banyak dipake untuk maen downhill, ready to abuse Man!

Berbekal cerita burung tersebut saya akhirnya menyambangi toko Nets dan akhirnya saya berkenalan lah dengan juragan Nets a.k.a kang Wawan. Melihat tampilannya frame ini, busyet berat banget kurang lebih beratnya 3,7 Kg! setelah saya ukur panjang top tube…mmmm… lumayan lebih panjang dari top tube sepeda scott palsu saya yang kekecilan itu. Akhirnya cuman karena “mumpung masih ada” frame tersebut saya tebus juga, belum ada bayangan komponen lainnya bagaimana.

Sejak itu dimulailah perburuan CycloArcheology, mulai dari fork Marzocchi dropoff triple, seat post raceface prodigy dan RD Deore. Semuanya dapet second. Sebenernya paling asyik nungguin komponen second dan kuliner toko sepeda, tapi kendalanya adalah kesabaran dan waktu. Akhirnya sebagian komponen beli dari baru. Handlebar funn flat out, grip odi, sadel wtb pure V race, komponen drivetrain kecuali crank dapet di Roda Jaya. Yang tersulit adalah mencari crank Shimano Hone. Kenapa hone? Karena saya mencari komponen yang hitam dan ada bashguard nya.

Mencari tukang cet juga sangat sulit, hampir semua bengkel cet harganya diantara 300-400rb, akhirnya dapet juga bengkel yang harganya murah sayangnya jauh di Cimone Tangerang sana dan ternyata lama bangetttt ngerjainnya gara2 salah satu pekerjanya ada yang resign. Walhasil cat saja hampir 1 bulan lamanya. Tetapi begitu liat hasilnya…mmm…mak nyus, pernis dan hardener Blinken bikin hasil pengecatan cukup mantap. Warna putih…. seputih Storm trooper di filem Star Wars.

Perburuan terakhir last weekend, saya nekad ke Bandung untuk mencari velg jetset Downz selebar 40mm, cocok kali buat dh, stem generic made in Taiwan, flat pedal exustar item pol. Ban maxxis bling bling ukuran 2.3. Dan yang terakhir yang paling fenomenal adalah Crank Hone dual with bashguard milik kang Wawan akhirnya dicopotin dari sepeda Cove Hustlernya, thanks banget buat kang Wawan hehe.

Minggu sore telpon Oom Jajang minta rakitin, sekitar jam 7 semua komponen ditumplekin di rumah beliau di daerah Kunciran. Di rumah udah siap2 bobo sambil nonton news.com eeehhh Oom Jajang telpon, Ndri… ada komponen bushing yang kurang nggak? Sepedanya goyang terus nih. Damn….! Gua cek lemari….alamak…satu komponen ketinggalan. Ok deh jang besok sore gw anterin ke sana….. Dan ternyata gak bisa tidur euy…. Nekad telpon jajang… Jang gw dateng sekarang! Jam 10 malem, naek motor ke kunciran. Wah ternyata si Fat boy udah berdiri euy…. Ternyata pula FD nya nggak cocok…nasyiiibbbbb. Masih alhamdulilah Roda Jaya mau dibalikin.

3O April si Fat boy that’s what I call it. Ditransfer pulang. Man…. It’s huge! 1 Mei pas hari buruh sengaja ngantor agak siang supaya cukup cahaya buat pemotretan kelahiran si black and white Panci. Cukup sudah proyek yang bikin dompet bottom out ini, next project ganti rear shock ke Fox Vanila dan ganti bushing. Nunggu bonus lebaran hueheuheuehue…lama pisan euy… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: